Pesona Keindahan Alam Bawah Laut Karimunjawa

0
107
Pesona Keindahan Alam Bawah Laut Karimunjawa – Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu Destinasi Wisata Bahari yang sangat menarik yang terdapat di Jawa Tengah dan wajib untuk anda kunjungi. Keindahan pantai yang terdapat di kepaulauan Karimunjawa ini menjadi sebuah Tempat Wisata terindah yang terdapat di Jawa Tengah. Banyak para wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang menjadikan kepulauan Karimunjawa ini sebagai tempat wisata terfavorit khususnya wisata Bahari yang terdapat di Jawa Tengah. Karimunjawa Terletak disebelah utara Kabupaten Jepara, untuk dapat sampai di Karimunjawa ini anda akan menempuh perjalanan laut dari pelabuhan pantai kartini sekitar 2 sampai 3 jam menggunakan kapal Cepat. Simak Informasi selengkapnya mengenai Pesona Keindahan Alam Bawah Laut Karimunjawa dibawah ini!

Wisata Karimunjawa.


Karimunjawa Sendiri merupakan Kepulauan dengan Luas daratan sekitar 1500 hektar dan perairan seluas 110000 hektar, Sebelum menjadi Tempat wisata Kepulauan Karimunjawa dulunya ditemukan oleh Sunan Muria, dan menurut cerita Rakyat setempat, Kepulauan Karimunjawa adalah tempat pengasingan bagi Putra Sunan Muria yang bernama Amir Hasan dengan maksud untuk mendidik, karena pada saat itu Putra dari Sunan Muria tersebut cukup nakal. Kemudian Amir Hasan yang merupakan anak dari Sunan Muria diperintahkan oleh beliau untuk pergi ke sebuah pulau yang tampak kremun – kremun atau dalam bahasa indonesianya tampak samar dari Puncak Gunung Muria. karena Tampak kremun – kremun tersebutlah maka pulau tersebut dinamakan dengan Pulau Karimun, nah demikian tadi sedikit sejarah mengenai Kepulauan Karimunjawa. Dan sejak tanggal 15 maret 2001, kepulauan Karimunjawa resmi ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai Taman Nasional Karimunjawa.



Kita masuk kembali pada pokok pembahasan kita kali ini mengenai Wisata Alam di Kepulauan Karimunjawa. Ada banyak sekali jenis terumbu karang yang terdapat di kepulauan Karimun ini, sehingga Ekosistem laut yang terdapat di kepulauan tersebut sangat terjaga. beberapa fauna laut yang hidup di kepulauan Karimunjawa seperti ikan, penyu hijau, Elang laut dada putih, dan juga penyu sisik. disekitar pantai di kepulauan Karimunjawa ini pun terdapat hutan Bakau dan juga tumbuhan yang sangat langka seperti pohon Dewadaru. Ombak di pantai kepulauan Karimunjawa ini pun tergolong rendah, dan dibatasi oleh pantai yang berpasir putih dan berair sangat jernih, untuk pantai di kepulauan Karimunjawa ini menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang sangat Indah. Bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam bawah laut di kepulauan Karimun dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pengembang, seperti misalnya snorkling, Diving, dan lain sebagainya.


Di Kepulauan Karimunjawa terdapat 27 pulau dengan 5 pulau yang berpenghuni dan 22 pulau yang tidak berpenghuni, sedangkan penduduk di Karimunjawa ini ada terdiri dari 3 suku, yaitu Suku Jawa, suku Bugis, dan Suku Madura. Transportasi yang digunakan untuk dapat ke Kepulauan Karimunjawa ini ada 3 pilihan, yang pertama anda harus pergi ke pelabuhan Tanjung Emas yang ada di Semarang menggunakan Kapal Cepat Kartini, yang berangkat setiap hari sabtu pagi sekitar jam 9, dan kembali dari Karimunjawa setiap hari minggu siang, kemudian alternatif lainnya anda dapat menggunakan kapal Ekonomi dari Pantai Kartini yang ada di Jepara dengan lama waktu penyeberangan sekitar 5 jam. sedangkan jadwal dari pelabuhan Jepara tersebut biasanya berangkat pada hari Selasa, kamis, dan Sabtu sekitar pukul 9 pagi. dan kembali dari Kepulauan Karimunjawa menuju Jepara setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu pada pukul 8 pagi. akan tetapi jadwal tersebut masih dapat berubah sesuai dengan cuaca dan juga ombak pada laut Jawa. dan Jadwal keberangkatan akan berubah sesuai dengan cuaca. bagi anda yang ingin membawa kendaraan sendiri, sebaiknya anda berangkat dari Jepara, karena hanya dari pelabuhan tersebut yang dapat menyeberangkan kendaraan seperti mobil dan juga motor. Pilihan yang terakhir adalah menggunakan Jalur Udara, anda dapat menggunakan Pesawat dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewa daru yang ada di pulau kemujan, dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Tempat Wisata yang terdapat di Karimunjawa ini meliputi :

* Wisata Kolam Hiu terdapat di Pulau Menjangan Besar
* Wisata Legon Lele terdapat di Pulau Karimunjawa
* Wisata Bukit Love terdapat di Pulau Karimunjawa
* Wisata Bukit Nyamplungan terdapat di Pulau Karimunjawa
* Wisata Bukit Joko Tuo di Pulau Karimunjawa
* Wisata Tracking Hutan Mangrove di Pulau Kemujan
* Wisata Pantai Batu Karang Pengantin di Pulau Kemujan
* Wisata Pantai Ujung Gelam di Pulau Karimunjawa
* Wisata Pantai Batu Topeng di Pulau Karimunjawa
* Wisata Pantai Barakuda di Pulau Kemujan
* Wisata Pantai Nirwana di Pulau Karimunjawa   

Sebenarnya tidak hanya hanya itu saja wisata yang dapat anda nikmati di Kepulauan Karimunjawa, anda juga dapat menikmati berbagai macam Kuliner, dan ada juga tempat wisata yang khusus buat wisata Religi di Kepulauan Karimunjawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here