Objek Wisata Menarik Di Kota Solo

0
396
Objek Wisata Menarik Di Kota Solo – Surakarta alias Solo, lantas apa perbedaanya? Solo sendiri termasuk sebutan dari “Budaya Solo” sedangkan Surakarta merupakan nama formal dari pemerintahan daerahnya. Mengapa dikatakan budaya solo, karena masyarakat masih kental dengan budaya jawa, bahkan Solo dengan slogannya “The Spirit of Java”. Dengan demikian, Solo termasuk tempat berwisata yang terbaik untuk belajar tentang,  apa itu jawa? Semetara itu, menonjolkan dengan nilai seni budaya yang tinggi.
Namun, bukan budaya Solo dengan kekhasan jawanya saja yang melekat. Akan tetapi, anda akan mendapati keanekaragaman  dalam pariwisata mulai dari tempat wisata alam, kuliner, rekreasi, dan belanja. Salain itu, daerah Solo yang terletak begitu strategis sehingga sering menjadi tempat persinggahan orang dari luar daerah dan menyambangi wisatanya. Apa saja objek wisata yang menarik di Kota Solo? Yuk, simak satu persatu.

Objek Wisata Menarik Di Kota Solo

1.Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu menjadi salah satu tempat wisata alam paling terkenal yang merupakan sebuah air terjun. Lokasi keberadaanya yang terletak di sisi barat Gunung Lawu, sehingga membuat aroma pegunungan terasa begitu kental dan sangat sejuk. Air terjun sendiri masih satu tempat dengan kawasan hutan yang menyimpan banyak misteri. Disitulah anda akan menemukan monyet berjumlah banyak yang berkeliaran liar. 

2. Air Terjun Jumog

Selanjutnya adalah Air Terjun Jumog yang tak kalah menarik dengan Grojogan Sewu. Anda akan disuguhkan panorama alam berupa derasnya air terjun yang mengalir dengan bermain-main disekitaran air terjun tersebut. Jika anda ingin datang ke objek ini, hanya berjarak 40 KM dari pusat kota Solo. Harga tiket yang ditawarkan murah yaitu Rp 5000,-

3. Keraton Surakarta

Anda cukup merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah sudah bisa melihat-lihat suasana di dalam Keraton Surakarta. Di keraton ini terdapat berbagai gamelan, replika dari pusaka keraton dengan berkeliling lagi anda dapat berfoto dengan prajurit penjaga keraton. Salah satu benda yang menarik di keraton tersebut yakni kereta kencana dan barang bersejarah yang disimpan dalam museum khusus.

4. Taman Balekambang

Taman Balekambang berfungsi sebagai tempat wisata rekreasi sekaligus edukasi. Jika anda ke sini mengajak anggota keluarga sangatlah pas untuk mengisi waktu liburan. Di dalam Taman Balekambang sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu Taman Air Partini yang berguna dalam bermain perahu, sedangkan Hutan Partinah yang memiliki berbagai koleksi dari jenis tanaman langka. Luas objek ini sekitar 10 hektar yang berada di Jl. Ahmad Yani, Solo. 


5. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari termasuk taman yang memiliki unsur sejarah. Sekarang tempat wisata ini semakin menarik dan ramai untuk dikunjungi, karena dahulunya taman ini hanya dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sementara itu, adanya Gedung Wayang Orang Sriwedari yang biasanya mengadakan pertunjukan kesenian wayang .

6. Kampoeng Batik Kauman

Saat anda lelah mengunjungi berbagai lokasi wisata di Solo, tak lengkap rasanya jika tidak berbelanja oleh-oleh untuk sanak keluarga. Terdapatnya Kampoeng Batik Kauman yang menawarkan berbagai macam batik, karena termasuk pusat kerajinan batik di Solo. Produk batik tersebut sudah banyak terkenal di dunia, dengan desain warna gelap dan motif modern. Harga yang dibandrol hingga jutaan rupiah. 

Segeralah anda berkunjung ke kota Solo, karena tempat wisata yang dihadirkan terbilang cukup murah dan menarik, begitupun sistem akomodasi sangat mudah ditemukan. Selain itu wisata kuliner yang ditawarkan juga relatif terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.